Minggu, 14 September 2014

Lambang Osis Handayani


Arti dan makna Osis Handayani

Kata Handayani di amibil  dari Semboyan “Tut wuri handayani”, atau aslinya: ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Arti dari semboyan ini adalah tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik).
Dengan demikian  osis Handayani memiliki peran penting  sebagai yang terdepan,  osis harus memberi teladan atau contoh yang baik ditengah masyarakat terutama bagi siswa dan siswi, osis juga harus mampu menciptakan prakarsa dan ide serta memberikan dorongan dan arahan.
Osis handayani memiliki sembilan bidang, bidang yang pertama yaitu ketuhanan yang maha esa, bidang yang kedua pendidikan berbangsa dan bernegara, ketiga pendidikan bela negara, keempat kepribadian dan budi pekerti luhur, kelima pendidikan berpolitik, keenam kewirausahaan dan ketrampilan, ketujuh kesegaran jasmani dan daya kreasi, kedelapan apresiasi seni, dan yang kesembilan majalah dinding (Mading) redaksi handayani.



KETERANGAN:
PERISAI OSIS:
8 BUTIR SAYAP KUNING: 8 Bidang yang ada di OSIS SMA N 1 BACAN, yang selalu aktif dalam melaksanakan tugas-tugasnya masaing-masing, dan selalu melindungi OSIS
1 BUTIR BULU SAYAP: 1 Bidang tambahan yaitu MADING
5 BUAH BOLA DUNIA: OSIS itu mendunia,walaupun OSIS itu mendunia tetapi selalu di dasari dengan PANCASILA
 WARNA DASAR BIRU: Siswa-siswi SMA N 1 BACAN pola pemikirannya seperti lutan yang tidak bisa di ukur.
WARNA PUTIH: Seorang anggota OSIS selalu berjiwa bersih
2 BUAH OBOR: Membakar semangat Anggota OSIS yang selalu melaksanakan tugas-tugas masing-masng
PITA DAN TULISAN SMA N 1 BACAN:OSIS ini merupakan simbol  SMA N 1 BACAN
PERISAI SARUMA YANG TERBALIK: OSIS SMA N 1 BACAN berada  di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan

                                                                   CRETED BY:M. NOVAL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar